Selamat Datang di Website Resmi Desa Susut, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli. Media komunikasi dan transparansi Pemerintah Desa Susut untuk seluruh masyarakat. Silahkan datang ke Kantor Desa Susut meminta PIN jika Anda ingin melihat data yang terdaftar di Data Kependudukan, atau ingin melaporkan sesuatu ke Pemerintah Desa. Bagi masyarakat yang ingin membuat surat, kini Kantor Desa Susut sudah bisa melakukan pencetakan surat online hanya dengan mengirimkan data sesuai form yang sudah tersedia di menu SURAT ONLINE, nanti masyarakat tinggal mengambil dan mencari Paraf & cap Kadus setempat, terkecuali Kadus setempat berada di Kantor Desa Susut  TERIMAKASIH.  NB: HARUS DIAMBIL SELAMA MASA SURAT MASIH BERLAKU.

Artikel

Kegiatan POSYANDU LANSIA Desa Susut

24 Januari 2020 08:30:53  Administrator  203 Kali Dibaca  Berita Desa

Setiap tanggal 12 Juli diperingati sebagai Hari Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) Nasional. Selama ini kebanyakan masyarakat berpikir bahwa posyandu hanya penting bagi balita maupun ibu hamil. Karena menurut mereka balita dan ibu hamil lah yang harus diperhatikan mengenai perkembangan dan status kesehatannya. Namun tidaklah demikian, proses penuaan akan berdampak pada berbagai aspek kehidupan. Ditinjau dari aspek kesehatan pertambahan usia, maka lansia akan semakin rentan terhadap berbagai keluhan fisik dan psikis. Untuk itu, pemerintah telah menyediakan layanan kesehatan bagi lansia berupa posyandu lansia untuk memperhatikan  status kesehatan para lansia di Indonesia.

Nah, posyandu lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di suatu wilayah tertentu, yang sudah disepakati dan digerakkan oleh masyarakat di mana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan. Posyandu lansia juga merupakan kebijakan pemerintah untuk pengembangan pelayanan kesehatan bagi lanjut usia yang penyelenggaraannya melalui program puskesmas dengan melibatkan peran serta lanjut usia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial (Kementerian Kesehatan, 2010).  Peserta posyandu lansia termasuk kelompok pra usia lanjut (45-59 tahun), kelompok usia lanjut (60 tahun ke atas), dan kelompok usia lanjut dengan risiko tinggi (70 tahun ke atas)

Hidup sebagai lansia tentu saja memiliki permasalahan sendiri yang harus diperhatikan.  Berikut beberapa masalah yang biasa dimiliki oleh para lansia:

  1. Masalah fisiologis. Setiap orang akan mengalami penuaan. Seiring bertambahnya usia, maka fungsi normal tubuh akan menurun. Fisik akan menjadi lemah bahkan beberapa organ telah dinyatakan rusak oleh dokter. Ini akan berdampak pada aktivitas harian seseorang. Daya tahan tubuh yang rendah pada lansia, juga membuat mereka menjadi lebih rentan untuk terkena berbagai penyakit.
  2. Masalah psikososial. Banyak orang tidak memahami bahwa lansia sangat rentan terhadap masalah psikologis, sehingga mereka mudah untuk menderita depresi. Masalah psikologis lansia yang paling sering dirasakan ialah kesepian. Kesepian timbul akibat ditinggalkan oleh pasangan hidup, sebaya dan keluarga yang juga telah banyak berpulang, serta anak-anak yang mulai hidup masing-masing. Kesepian ini akan menimbulkan kedukaan dan kesedihan hingga berujung kepada depresi.

Tujuan umum dari posyandu lansia adalah untuk meningkatkan kesejahteraan lansia, baik fisik maupun psikologis, melalui kegiatan posyandu lanjut usia yang mandiri dalam masyarakat.

Tujuan khususnya meliputi:

  1. Meningkatkan kesadaran para usia lanjut untuk membina sendiri kesehatannya, baik kesehatan fisik dan psikologis.
  2. Meningkatkan kemampuan dan peran serta keluarga dan masyarakat dalam mengatasi kesehatan usia lanjut.
  3. Meningkatkan jenis dan jangkauan pelayanan kesehatan usia lanjut.
  4. Meningkatkan mutu pelayanan kesehatan usia lanjut.

Beberapa manfaat yang didapat dari posyandu lansia, antara lain:

  1. Mempertahankan kesehatan fisik para lansia agar selalu bugar. Di posyandu ini para lansia akan diperiksa kesehatannya oleh petugas kesehatan, baik keluhan saat ini, tekanan darah, pemeriksaan kimia darah (kolesterol, gula darah asam urat), dsb. Posyandu lansia biasanya rutin mengadakan olahraga ringan yang sesuai untuk usia mereka, sehingga memenuhi kebutuhan aktivitas fisik mereka.  Selain itu, banyak terdapat penyuluhan mengenai pola hidup sehat bagi lansia.
  2. Mempertahankan kesehatan psikologis lansia. Saat menghadiri posyandu, para lansia akan bertemu dengan sebayanya, mereka akan saling berkomunikasi dan berinteraksi. Hal tersebut akan menjadi obat kesepian dan kesedihan mereka. Di posyandu lansia, mereka juga diajak untuk senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan, sehingga mereka akan lebih kuat dalam menjalani kehidupan.

Kelompok usia lansia merupakan golongan orang yang memerlukan perhatian khusus dari keluarga dan lingkungan. Kebanyakan dari mereka secara tidak sadar, tidak mampu memenuhi sendiri kebutuhan akan kesehatannya. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki orangtua maupun kakek/nenek, ataupun lansia di sekitar tempat tinggal Anda, hendaknya mengajak atau menghimbau mereka agar mau datang ke posyandu lansia setiap bulan. Dengan demikian, status kesehatan mereka dapat terpantau. 

Pada Tgl,12 tiap bulan Desa Susut Melaksanakan Kegiatan Rutin Posyandu Lansia di Banjar Susut Kaja yang di ikuti oleh 75 Lansia, Guna meningkatkan dan mengontrol Kesehatan Lansia di banjar Susut Kaja. 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


WA Layanan Desa

Hubungi Kami

Hubungi Kami

Aparatur Desa

Peta Desa

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:151
    Kemarin:159
    Total Pengunjung:56.698
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.192.65.228
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

29 Juli 2013 | 3.327 Kali
Profil Desa
22 Juni 2018 | 3.282 Kali
Sejarah Desa
01 Juni 2018 | 3.223 Kali
Lambang Desa Susut
01 Juni 2018 | 3.099 Kali
Selamat Datang di Website Resmi Desa Susut
01 Juni 2018 | 3.088 Kali
Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa
24 Agustus 2016 | 3.080 Kali
Pemerintah Desa
24 Agustus 2016 | 3.075 Kali
Visi dan Misi
13 Agustus 2018 | 252 Kali
PEMBINAAN LINMAS DESA SUSUT
15 Maret 2022 | 75 Kali
VAKSINASI TAHAP III BR.MANUK
24 Januari 2020 | 203 Kali
Kegiatan POSYANDU LANSIA Desa Susut
21 Juni 2021 | 122 Kali
GERTAK Vaksinasi Banjar Penatahan,Lebah
18 Desember 2020 | 145 Kali
PENYERAHAN BANTUAN BLT DANA DESA DESA SUSUT ( TAHAP 9 )
07 Januari 2020 | 138 Kali
SUSUT SADAR WISATA
22 Maret 2021 | 118 Kali
PENANAMAN BUNGA PUCUK BANG